tips wisata alam
tips wisata alam
Xbank Jakarta

Meetjourney Wisata alam masih menjadi tempat wisata favorit untuk kebanyakan orang. Keindahannya yang alami, udara yang segar, serta nuansanya yang tenang bikin pikiran Sobat Traveller jadi fresh lagi setelah lama berkutat dengan tugas di kota. Meski menyenangkan, wisata alam juga membahayakan jika tidak berhati-hati.

Ini dikarenakan kondisi alam yang yang tidak bisa dipastikan meskipun sudah dilakukan perawatan. Tapi nggak usah khawatir dan takut kalau mau berlibur ke destinasi wisata alam, Sobat Traveller. Untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan, kamu bisa simak tips-tips berwisata ke alam nih. Sedia payung sebelum hujan gitu, berjaga-jaga sebelum kejadian.

Apa aja tips buat kamu yang mau berlibur ke wisata alam? Yuk, simak!

tips di wisata alam
tips di wisata alam

Mencari Info Tentang Wisata yang Ingin Dikunjungi

Penting sekali untuk mengetahui tempat wisata yang nantinya kamu kunjungi. Dari info wisata tersebut kamu bisa persiapan barang bawaan seperti obat-obat, pakaian, juga cemilan. Info wisata juga dapat memberi pandangan tentang rencana perjalananmu ketika berlibur, mau bertema kekeluargaan atau romantisan berdua.

Keadaan iklim, cuaca, lingkungan, dan budaya di tempat wisata juga penting untuk diketahui lho. Terpenting dari info tersebut yaitu biar bisa jaga-jaga dengan bahaya yang biasanya terjadi di wisata tersebut seperti transportasi umum kalau kendaraan pribadi mogok sampi info jalur evakuasi jika terjadi bahaya. Nggak ada salahnya buat mencegah kan?

tips berwisata alam
tips berwisata alam

Persiapan Fisik dan Mental

Salah satu syarat biar fresh yaitu sehat secara lahir dan batin. Nah, apa jadinya kalau Sobat Traveller liburan ketika badan lagi sakit? Nggak jadi fresh malah masuk rumah sakit dong. Untuk itu tips kedua liburan wisata alam yaitu persiapan fisik dan mental. Terlebih setelah tahu semua info tentang wisata pastinya bisa dong mengira-ngira kemampuan tubuh. Kalau misalnya memang dirasa belum fit, jangan dipaksa buat berwisata alam ya.

Terlebih untuk wisata ekstrem seperti mendagi gunung atau snorkelling. Persiapan fisiknya nggak perlu yang aneh-aneh deh. Cukup rutin berolahraga ringan seperti joging atau bersepeda juga udah oke kok. Kalau perlu untuk wisata alam yang relatif lama dan jauh, nggak ada salahnya Sobat Traveller melakukan pemeriksaan medis, terutamanya buat destinasi wisata yang berbeda iklimnya.

Tidak Bertingkah Sembarangan

Wisata alam memang berbeda dengan tempat wisata lainnya yang merupakan buatan manusia. Untuk itu perlakuannya juga tentunya berbeda. Mengingat wisata alam yang masih asri, nggak menutup kemungkinan ada makhluk lain yang tinggal di sana, Sobat Traveller. Nah, untuk menjaga keselamatan diri, jangan bertingkah sembarangan ya kalau berlibur ke wisata alam. Jangan lupa juga buat jangan buang sampah sembarangnya biar alamnya bebas dari polusi.

Bertingkah sembarangan nggak hanya akan mengganggu penghuni asli tempat tersebut Sobat Traveller, destinasi wisata alam yang umumnya melewati daerah pedalaman juga harus disiasati dengan meramahi penduduk sekitar. Tujuannya agar penduduk ini menjadi terbuka dan mudah jika dimintai bantuan. Selain itu, biasanya kalau di desa-desa sih punya segudang mitos yang bakal membuat celaka kalau dilakuin. Nah, diingat-ingat ya!

Jangan Lupa Membawa Oleh-oleh

Setelah liburan tercapai, pikiran akan lebih fresh dan badan pun jadi segar. Nah, sebelum pulang ada satu tips berwisata alam yang nggak boleh ketinggalan. Membawa oleh-oleh untuk orang di rumah. Karena wisata alam cenderung di pelosok dan susah di jangkau, ada baiknya kalau Sobat Traveller beli oleh-oleh nih buat orang di rumah. Selain bikin orang seneng, Sobatpun bisa membeli kenang-kenangan dari tempat wisata tersebut.

Gimana, sekarang sudah siap berlibur ke wisata alam?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.