sakura Jepang
wisata sakura Jepang yang eksotis
Xbank Jakarta

Meetjourney Negara Jepang menjadi negara yang sering dibanggakan dengan penemuan baru teknologi yang canggih. Penduduknya yang cerdas serta suka bekerja keras menambah poin negara ini semakin diulu-ulukan. Salah satu moment istimewa di Jepang ini juga nggak kalah mengharumkan Negara Jepang. Yap, moment musim sakura. Musim sakura Jepang menjadi musim yang paling dinanti-nantikan. Nggak cuma penduduk jepang sendiri yang  kebelet pingin lihat sakura mekar, para traveller juga nggak mau ketinggalan. Karena keindahannya yang mendunia, Jepang mendapatkan julukan negeri sakura.

Musim Mekar Sakura Jepang Yang Mempesona

wisata Sakura Jepang yang ramai
wisata Sakura Jepang yang ramai

Sakura biasanya mulai mekar pada kirasan bulan Maret sampai Mei. Meskipun sama-sama tumbuh di tanah Jepang, perbedaan suhu di tiap kota juga mempengaruhi waktu mekar sakura lho, jadi jadwal musim sakura tiap kota di Jepang juga berbeda. Biasanya setiap tahun sudah dijadwal kapan festival sakura akan dilaksanakan beserta jadwal perkiraan mekarnya sakura di kota-kota Jepang. Bunga sakura akan mekar dari bagian selatan Jepang terlebih dahulu, sebab suhu di bagian selatan lebih hangat dari bagian kota lainnya di Jepang. Kemudian, mulai merambat ke bagian utara Jepang. Karena jadwal yang sudah diperkirakan sebelumnya, penduduk Jepang sudah terlebih dahulu menyambutnya dengan pergi ke taman pohon sakura.

Macam-macam Bunga Sakura Jepang

Somei Yoshino
Somei Yoshino

Meskipun sama-sama disebut Sakura, bunga cantik ini bermacam-macam jenisnya lho.  Bunga sakura yang paling terkenal yaitu Somei Yoshino, bunga sakura putih. Ketika musim mekar sakura, pohon ini tidak mengeluarkan daun sehingga terlihat pohon dengan ranting yang penuh dengan bunga sakura putih. Tapi bukan berarti pohon sakura jenis ini tidak tumbuh daun ya. Daun-daun hijau Somei Yoshino akan mulai tumbuh ketika bunga sakura berguguran. Bunga sakura berwarna putih ini berbunga lebih awal, yaitu pada awal minggu pertama musim bunga sakura mekar.

Terus ada Hidarezakura. Bayangin aja seperti pohon beringin yang akar-akarnya menjuntai ke bawah. Hampir sama dengan pohon sakura Hidarezakura, jika pohon beringin bagian akarnya yang menjuntai ke bawah, pohon sakura Hidarezakura dahannya yang menjuntai ke bawah. Selain itu dahannya juga sangat rendah sampai ranting dan bunga-bunganya menyentuh tanah. Bunga sakura jenis ini biasanya sih berwarna merah muda terang. Yang terakhir adalah pohon bunga sakura Yamazakura. Pohon bunga sakura jenis ini yang paling banyak ditemukan di Jepang, bahkan tumbuh secara liar. Bunga sakuranya berwarna merah muda gelap.

Tempat Populer Menikmati Keindahan Sakura Jepang

Yodogawa Riverside Park “Sewaritei” 
Yodogawa Riverside Park “Sewaritei”

Selain bunganya yang bermacam-macam, spot menikmati keindahan sakura juga berbeda-beda. Dari yang bernuansa tenang sampai romantis-romantisan.  Di Kota Yawata, Kyoto, terdapat Yodogawa Riverside Park “Sewaritei” Area. Di sana, kamu akan menemui berjejer pohon sakura di tepi sungai Yodogwa. Pohon sakura ini melengkung sehingga seakan membentuk suatu terowongan memanjang.

Area ini cocok buat kamu yang ingin menikmati pohon sakura bersama keluarga. Tempatnya luas dengan hamparan rumput hijau. Pas banget buat kumpul-kumpul.  Kemudian beralih ke Sungai Meguro. Sungai Meguro menjadi spot utama di Tokyo untuk menikmati Sakura di Tokyo. Sebanyak 800 pohon sakura tumbuh berjejer dari Oohashi sampai stasium Meguro. Ketika malam hari, sekitar sungai ini depenuhi dengan lampu yang terbias dengan warna bunga sakura sehingga tampak seperti kemerah-merah jambu. Uh romantis banget deh kalau ke sananya bareng pacar.

Spot yang paling dituju untuk menikmati bunga sakura ada di Taman Arakurayama Sengen, Fujiyoshida, Prefektur Yamanashi. Perpaduan pemandangan bunga sakura dengan pemandangan gunung Fuji membuat mata seakan nggak bisa berkedip. Keren banget deh.

Buat kamu yang ingin menikmati pesona  keindahan bunga sakura, buruan deh atur jadwalnya. Karena si catik bunga sakura ini biasanya hanya akan mekar selama seminggu atau dua minggu. Duh, cepet banget sih ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.