pesona Gunung Ijen
pesona Gunung Ijen
Xbank Jakarta

Meetjourney Sobat traveller, pasti sudah paham ya dengan kondisi geografis Indonesia yang dilintai oleh Cincin Api Pasifik. Sobat semua pasti sudah melihat dan mendengar dengan detail akibat apa yang terjadi di Indonesia jika dilintasi oleh cincin tersebut. Salah satu akibatnya adalah adanya banyak Gunung Berapi di Indonesia. Nah walaupun terdengar seram dengan banyaknya gunung berapi, justru ini adalah keuntungan bagi Indonesia sobat. Karena dengan keberadaan gunung seperti pesona Gunung Ijen akan memperkaya tujuan wisata di Indonesia.

Bahkan beragam gunung di Indonesia ini sudah tidak diragukan lagi keindahannya sobat pesona Gunung Ijen sudah tidak diragukan lagi bagi kalangan wisatawan lokal dan mancanegara lho. Jika kalian penasaran bisa berkunjung ya, tapi harus siap lelah karena mendaki. Tentunya jangan khawatir, lelah kalian semua akan terbayar dengan keindahan Gunung dengan kawah ijen sebagai maskot utamanya. Selain sebagai objek wisata, keberadaan gunung-gunung ini juga akan memberikan dampak positif sobat bagi warga sekitar kaki gunung tersebut.

Keindahan Pesona Gunung Ijen Yang Alami

kawah ijen yang menyala biru
kawah ijen yang menyala biru

Jika memanggil dengan nama Gunung Ijen mungkin agak sedikit asing ya sobat. Karena memang objek wisata yang terletak di antara Banyuwangi dan Situbondo ini lebih dikenal dengan nama Kawah Ijen. Kepopuleran gunung ini sudah sangat tidak diragukan lagi tentunya. Setiap hari saja tidak pernah sepi dari para pengunjung, kecuali saat pendakian ditutup ya. Sobat traveller semua juga akan kaget dengan keramaiannya pada saat malam-malam tertentu seperti tahun baru atau jga week end. Nah jika ingin kesini dan menghindari keramaian bisa datang saat hari normal ya.

Tapi walaupun ramai, sobat semua masih bisa menikmati pesona keindahan kawah gunung ijen ini. Kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung ijen ini memang sangat unik sekali. Kawah tersebut dipenuhi oleh air yang berwarna kebiruan dan berada di tengah kaldera berdiameter 6 kilometer serta menjadi kaldera terluas di Jawa lho sobat. Untuk ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter dan kedalamannya 200 meter. Keindahan kawah Gunung Ijen ini semakin mempesona dengan keberadaan bunga Edelweis yang tumbuh liar. Ada juga cemara gunung yang turut serta memperindah pemandangan sekitar.

Pemandangan akan semakin sempurna jika sobat mau menunggu mentari terbit. Warna keemasan mentari dipadu dengan pemandangan kawah Gunung Ijen yang indah, pasti akan menghipnotis siapa saja yang berkunjung. Dari puncak Gunung Ijen ini juga, sobat bisa melihat dengan jelas Gunung Raung, Gunung Suket, Rantae dan masih banyak lagi.

Blue Fire, Api Paling Langka di Dunia

blue fire di kawah gunung ijen
blue fire di kawah gunung ijen

Sobat traveller semua pasti ada yang pernah mendengar tentang Blue Fire. Kepopuleran api yang berwarna biru ini memang sangat mendunia sekali sobat. Jangan salah, di dunia hanya ada dua sumber Blue Fire saja lho dan salah satunya berada di Kawah Gunung Ijen ini. Banyak para wisatawan yang rela jauh-jauh datang ke lokasi kawah ini untuk melihat secara langsung Blue Fire tersebut.

Tapi perlu sobat catat, jika memang sobat ingin mengincar Blue Fire usahakan datang pada jam dini hari ya. Selain menghindari kepadatan pengunjung, dengan jalan ini maka sobat akan dapat melihat Blue Fire dengan jelas karena masih belum ada cahaya matahari. Jika sobat gagal mendapatkannya, jangan khawatir pesona Gunung Ijen sangat indah sekali jika sobat mau mengeksplornya. Perhatikan juga kondisi angin sobat, karena asap belerang yang berada di kawah dapat terbang keluar dan memenuhi sisi kawah. Usahakan membawa masker khusus agar tidak sesak, atau menyewanya disana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.