Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey
Xbank Jakarta

Meetjourney Berbicara mengenai tempat wisata di bumi parahyangan, Kawah Putih Ciwidey menjadi salah satu pesona anugerah alam yang tak bisa dilewatkan. Eksotisme panorama yang disuguhkan oleh kawah ini memang tak pernah jemu untuk memikat para pelancong baik domestik ataupun mancanegara, khususnya untuk mereka yang sangat suka berfoto selfie.

Kawah dengan danau unik ini berlokasi di Ciwidey, Jawa Barat, atau kurang lebih berada sekitar 50 KM arah selatan dari kota Bandung. Sesuai dengan nama yang dimiliki, Kawah Putih Ciwidey memang sebuah kawasan wisata alam dengan danau alami yang memiliki warna air putih kehijauan. Pemandangan yang terbilang unik ini memang sangat sulit untuk didapati di tempat wisata lainnya. Oleh karena itulah, wajar jika Kawah Putih Ciwidey selalu jadi tempat untuk menjadi latar idaman dan layak untuk diabadikan.

Keistimewaan Kawah Putih Ciwidey Yang Mempesona Ini

kawah putih ciwidey masih jadi wisata favorit
kawah putih ciwidey masih jadi wisata favorit

Kawah yang sebenarnya merupakan danau vulkanik dari abad ke-10 ini memang menyimpan berbagai keunikan yang menjadi magnet utama lokasi wisata ini. Warna putih kehijauan dari air danau ini disebabkan karena adanya campuran belerang dengan tanah yang ada di sekitarnya. Tak hanya sampai di situ, keunikan lain muncul dari warna air danau yang bisa berubah-ubah sesuai dengan keadaan suhu sekitar, cuaca, dan juga kandungan belerangnya.

Suguhan warna alami danau yang terbilang sangat unik itulah yang jadi nilai keeksotiisan danau pada Kawah Putih Ciwidey. Selain danau, panorama yang ditampilkan oleh keadaan alam sekitar tak kalah unik dan menarik. Pasir putih bekas letusan gunung membuat panorama serasa di pantai dan sisa kayu yang telah mengering tinggal batang menjadi kombinasi sempurna untuk menjadi sebuah spot foto yang instagramable untuk generasi kekinian. Bahkan lokasinya sangat cocok untuk dijadikan latar foto prewedding.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Relatif Terjangkau

Untuk masalah harga tiket, Kawah Putih Ciwidey ini mematok tarif masuk yang lumayan terjangkau untuk masyarakat umum yakni hanya 15 ribu rupiah saja per orang. Dengan harga segitu, pasti kamu tak akan membuat kamu menyesal menikmati keindahan kawasan di dalamnya.

Selain tiket masuk, bagi kam yang membawa kendaraan pribadi juga harus membayar tarif parkir. Tarif yang dipatok sendiri berbeda, tergantung dari zona parkir yang kamu pakai. Untuk zona atas atau lokasi parkir yang dekat dengan kawah, kamu akan dikenai tarif sebesar 15 ribu untuk motor dan 35 ribu untuk mobil. Sedangkan zona parkir bagian bawah lebih murah karena jauh dengan lokasi kawah yakni hanya dikenai tarif 5 ribu untuk motor dan 6 ribu untuk mobil.

Untuk yang memilih zona bawah karena lebih ekonomis maka kamu harus siap untuk berjalan kaki menuju ke lokasi kawahnya. Tapi buat anda yang capek selama perjalanan dan malas buat jalan kaki, tak usah khawatir karena ada fasilitas kendaraan mini bus yang disebut Ontang-anting. Hanya dengan membayar sebesar 13 ribu rupiah saja per orangnya, kamu sudah bisa duduk santai untuk diantarkan menuju lokasi kawah. Jadi, paling tidak bisa menghemat tenaga untuk foto-foto di lokasi kawahnya nanti.

Fasilitas yang Tersedia

Demi membuat kenyamanan para pelancong dalam menikmati dan menjelajahi indahnya Kawah Putih Ciwidey, Pemerintah Daerah setempat telah memfasilitasi tempat wisata ini dengan secara lengkap, mulai dari area parkirnya yang begitu luas, adanya kendaraan Ontang-anting untuk membantu menuju lokasi, pusat informasi, tempat beribadah seperti musholla, berbagai kedai dan warung makan, hingga yang paling penting yaitu toilet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.