Eksplor Mengasyikkan Di Gua Haji Mangku Kalimantan
Eksplor Mengasyikkan Di Gua Haji Mangku Kalimantan
Xbank Jakarta

Meetjourney – Bosan dengan rutinitas kota? Atau pengen refeshing ke tempat yang asri? Wisata ini boleh jadi saran tepat untuk dikunjungi. Gua Haji Mangku Kalimantan Timur. Wisata alam dengan pemandangan alam yang eksotis banget. Dijamin bikin penat jadi bablas!

Meski dinamakan wisata alam gua, sebenarnya yang dituju dari wisata Gua Haji Mangku ini adalah danau. Disebut gua lantaran untuk menuju danau yang indah ini, kamu harus melewati gua terlebih dahulu. Sedangkan nama Haji Mangku sendiri diambil dari penemu wisata ini yaitu Bapak Haji Mangku. Memang tidak diketahui pasti pada tahun berapa, akan tetapi wisata Hua Haji Mangku ini mulai dikunjungi pada tahun 2000-an. Wah, terima kasih ya Pak Haji!

Danau Gua Haji Mangku, Memang Masih Eksotis Alamnya

Gua Haji
Gua Haji Dengan Air Mata Jernihnya

Terletak sekitar puluhan meter dari bibir pantai utara Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di tengah pedalaman hutan, membuat wisata ini belum banyak yang mengetahui. Wisata ini menjadi tenar sejak ditayangkan di salah satu acara travelling. Karena tempatnya yang indah, tentunya pada pengen dong mampir ke gua pak haji.

Sebelum bertemu dengan mulut gua, kamu harus berjalan menyusuri hutan yang rindang terlebih dahulu sampai bertemu dengan gua yang berada di bawah. Mulut gua sedikit berair membentuk semacam kolam yang memanjang, di sana kamu akan langsung disambut dengan pemandangan indah, danaunya jernih berwarna kebiruan akan tetapi dasarnya tidak terlihat dan cenderung gelap. Mungkin dikarenakan dalamnya danau tersebut. Tapi nggak perlu takut, bawalah teman atau setidaknya sewa guide ketika berwisata ke sini, karena tempat ini benar-benar masih asri.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memasuki gua ini, yang pertama dengan loncat terjun langsung dari atas gua atau masuk melalui mulut gua yang setengahnya sudah tertutupi air. Untuk  kamu yang doyan tantangan sampai pilih deh yang ekstrem, langsung loncat aja deh ke bawah. Rasakan sensasinya, byurrr!

Jangan sampai ragu untuk mencoba berenang di danau ini ya, sebab menurut pengakuan wisatawan, air danau ini dingin dan menyegarkan. Nggak heran pada pengen nyebur ke danau walau katanya guanya agak serem gitu. Para wisatawan juga tak ragu untuk mencoba snorkeling lho. Airnya yang jernih membuat mereka leluasa untuk mengambil foto dari dalam danau.

Kamu cuma perlu sedia lighting deh biar fotonya oke, karena lokasinya memang agak gelap gitu, makanya para traveller biasanya sedia senter biar nggak ketinggalan keindahannya. Atau bisa saja kamu mengunjungi Gua Haji Mangku di siang hari. Siang hari menjadi waktu terbaik untuk berwisata ke Gua Haji Mangku karena pada saat itu, cahaya matahari akan masuk menyinari gua dan bahkan menembus hingga ke bagian dalam gua. Penampakan airnya pun akan terlihat lebih biru jika dibandingkan datang pada saat sore hari ketika matahari sudah hampir tenggelam.

Akses Menuju Gua Haji Mangku

Eksplor Mengasyikkan Di Gua Haji Mangku Kalimantan
Eksplor Mengasyikkan Di Gua Haji Mangku Kalimantan

Kalau kamu berminat melakukan perjalan ke Gua Haji Mangku, sebaiknya simak baik-baik penjelasan berikut. Perjalanan dapat dimulai dari Pulau Maratua. Kamu tinggal pilih akan menggunakan jalur darat atau jalur laut.

Untuk jalur darat, kamu bisa langsung menggunakan kendaraan bermotor atau bisa juga dengan mobil dari Pulau Maratua menuju Desa Payung-Payung. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan trekking ringan yang memakan waktu sekitar beberapa jam hingga sampai ke lokasi gua.

Sedangkan untuk jalur laut, kamu harus menyewa speed boat atau perahu milik nelayan local yang akan ditempuh dengan waktu kira-ira sekitar 20 menit dari Pulau Maratua. Sesampainya di pinggiran pulau yang berbatuan karang, kemudian lanjutkan perjalanan dengan trekking ringan kurang lebih 10 menit saja untuk sampai ke area dekat bibir Gua Haji Mangku.

Jalur laut menjadi akses yang paling gampang akan tetapi menghabiskan biaya yang lebih banyak.

Nah gimana? Kapan nih atur rencana main ke Gua pak Haji Mangku? Udah ditunggu lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.