tips mendaki Gunung Rinjani
tips mendaki Gunung Rinjani
Xbank Jakarta

Meetjourney Liburan merupakan salah satu momen yang ditunggu banyak sekali wisatawan untuk menikmati berbagai tempat yang menarik. Nah, pasti sobat traveller ada juga yang sangat suka tempat wisata yang berupa alam. Mungkin juga sobat traveller juga cukup tertarik dengan wisata sekaligus olahraga mendaki gunung. Apalagi Indonesia memiliki banyak sekali gunung yang menarik seperti Gunung Rinjani. Sebelum mendakinya, sobat semua perlu paham beberapa tips mendaki Gunung Rinjani.

Pentingnya Tips Mendaki Gunung Rinjani

pahami tips mendaki gunung rinjani
pahami tips mendaki gunung rinjani

Banyak pendaki yang tidak paham dengan tips yang perlu mereka lakukan. Sehingga para pendaki akan kebingungan saat sampai di Rinjani. Tips-tips ini sangat penting sekali diperhatikan, apalagi bagi sobat traveller yang belum pernah mencoba mendaki sampai ke puncak Rinjani yang memukau.

Mungkin bagi sobat traveller yang sudah pernah mendaki gunung, sudah cukup paham dengan tips-tips saat mendaki rinjani. Jika sobat berangkat secara berkelompok, bagi yang sudah paham bisa memberikan penjelasan lebih lanjut ya. Hal ini perlu sobat lakukan agar selama perjalanan mendaki gunung tetap nyaman dan terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Memilih Jalur Perjalanan Menuju Lombok

Sebelum berangkat menuju kawasan wisata Gunung Rinjani untuk mendaki, sobat traveller semua harus menentukan dan mendiskusikan lewat jalur darat atau laut untuk mencapai Lombok. Sebenarnya jika sobat ingin waktu perjalanan yang relatif lebih cepat bisa memilih menggunakan jalur udara yaitu pesawat. Tapi tentunya sobat harus membayar lebih karena rata-rata biaya menggunakan pesawat jauh mahal daripada jalur darat dan laut. Jika memang ada budget lebih untuk liburan tidak ada salahnya lho mencoba jalur udara sekalian menikmati indahnya Pulau Lombok dari udara.

Bagi sobat yang liburan mendaki Gunung Rinjani dengan budget yang tidak begitu lebih, bisa memilih alternatif lain yaitu jalur darat dan laut.  Tapi untuk waktu tempuhnya, jalur darat lebih lama sobat  selain itu sobat juga sering ganti kendaraan umum. Untuk jalur laut, sobat dari Tanjung Priok Surabaya, langsung menuju ke Pelabuhan Lembar, Lombok.

Usahakan Menghindari Momen Liburan

jangan mendaki gunung saat hari liburan
jangan mendaki gunung saat hari liburan

Nah, tips mendaki Gunung Rinjani yang perlu sobat ketahui dan pahami adalah hindari momen liburan. Mungkin banyak dari sobat traveller yang memang baru ada waktu saat liburan saja ya. Jika memang terpaksa, sobat harus sabar karena ada banyak sekali pengunjung yang juga mendaki saat musim liburan.

Selain itu pada musim liburan tiba, segala biaya yang harus sobat keluarkan akan naik dibandingkan pada hari biasa. Jadi pikirkan baik-baik ya sobat sebelum memutuskan liburan mendaki ke Gunung Rinjani ini.

Meminjam Perlengkapan Mendaki

Banyak dari sobat traveller yang tidak memiliki peralatan mendaki lengkap. Untuk itu tips mendaki Gunung Rinjani selanjutnya adalah sobat bisa meminjam perlengkapan ke kawan sobat yang hobi mendaki gunung. Cara ini akan menghemat pengeluaran sobat selama mendaki tentunya.

Alternatif lain sobat bisa juga mengajak kawan yang berminat mendaki dan memiliki perlengkapan mendaki yang lengkap. Selain pendakian akan lebih asik dengan banyak kawan, sobat juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa.

Tentukan Rute Pendakian

Bagi para pemula, perlu memahami tips mendaki Gunung Rinjani yaitu masalah rute pendakian. Gunung Rinjani memiliki 4 rute pendakian yang berbeda-beda. Bagi sobat traveller yang akan mendaki, pelajari dengan baik melalui situs-situs di internet atau dari pengalaman kawan sobat yang sudah pernah ke Rinjani.

Dari 4 rute pendakian, jalur Sembalun dan Senaru merupakan jalur paling favorit sobat. Jalur Sembalun dikenal dengan keindahan padang savana yang sangat memukau. Dan jalur Senaru ada banyak sekali pemandangan eksotis yang bisa sobat temukan jika lewat jalur ini.

1 COMMENT

  1. Tiap gunung memiliki medan dan tingkat kesulitan yang berbeda, Gunung Rinjani, misalnya, memiliki jalan tanjakan yang kemiringannya hampir mencapai 45 derajat. Kamu juga harus tahu di mana letak base camp dan sumber air. Dengan mempelajari lokasi gunung, kamu jadi bisa lebih berhati-hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.