gunung tangkuban perahu
gunung tangkuban perahu
Xbank Jakarta

Meetjourney Tak hanya terkenal akan kecantikan dari para mojang priangan, Bandung juga memiliki segudang keindahan dari tempat wisata alamnya, salah satunya Gunung Tangkuban Perahu. Gunung yang populer di kalangan pelancong ini memang memiliki suguhan nuansa alam yang mampu menghipnotis siapa saja yang berkunjung ke tempat ini dan enggan untuk beranjak. Jadi, tak heran jika tempat wisata bandung satu ini selalu menjadi destinasi idaman yang tak pernah surut dari keramaian pengunjung.

Daya Tarik Tersendiri Dari Gunung Tangkuban Perahu

Untuk masalah daya tarik, Gunung Tangkuban Perahu menyimpan banyak sekali pesona alam yang kan membuat kamu berdecak kagum dengan kemegahan dan eksotismenya. Di dalam lokasi wisata Tangkuban Perahu sendiri terdapat tiga kawah yang sangat terkenal dengan pemandangan luar biasa cantik yakni Kawah Ratu, Kawah Domas, dan juga Kawah Upas. Ketiga spot ini bisa jadi latar foto ataupun objek yang sangat layak untuk diabadikan.

Lokasi dan Rute Menuju Tangkuban Perahu

rute menuju gunung tangkuban perahu
rute menuju gunung tangkuban perahu

Tempat wisata yang menjadi primadona di Lembang ini memiliki lokasi persis di Cikahuripan, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Bagi kamu yang ingin liburan ke gunung ini dengan kendaraan pribadi, kamu bisa mengambil rute lewat pintu tol Pasteur lalu terus ke Jl. Dr. Djunjungan dan selanjutnya terus ke Pasir Kaliki. Setelah sampai di Lembang, lokasi tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu sudah tak jjauh lagi.

Selain melewati tol Pasteur, alternatif rute lain yang bisa diambil yakni melewati jalur tol Padalarang melalui Cipularang. Jalur ini akan langsung mengarah ke Cimahi dan terus ambil kiri ke Jl. Kolonel Masturi yang akan membawa ke pertigaan Jl. Raya Lembang. Dari sini lokasi wisata hanya tinggal berjarak 1KM lagi.

Harga Tiket dan Jam Operasional Gunung Tangkuban Perahu

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke gunung Tangkuban Perahu, jangan khawatir dengan harga tiketnya karena sangat terjangkau dan pastinya layak banget. Harga tiket di kawasan wisata Tangkuban Perahu ini biasanya dibagi menjadi dua layaknya spot wisata lain yakni di hari biasa dan hari libur/akhir pekan. Untuk hari biasa, kamu cukup membayar 20 ribu per orang saja agar bisa masuk. Sedang di hari libur dan akhir pekan harga tiket sedikit lebih mahal yakni menjadi 30 ribu per orang.

Jam operasional tempat wisata ini mulai dibuka dari jam 07.00 pagi hingga jam 05.00 sore. Kalau kamu ingin menikmati suasana Gunung Tangkuban Perahu dengan lebih tenang dan tak berdesakan dengan pengunjung yang terlampau banyak, kamu bisa merencanakan jadwal liburan ke tempat ini di hari biasa atau hari kerja.

Tips yang Perlu Dicatat Saat Berwisata ke Tangkuban Perahu

tips berlibur di tangkuban perahu
tips berlibur di tangkuban perahu

Perlu kamu ketahui, sebagaimana layaknya suasana di pegunungan lain, hawa di Gunung Tangkuban Perahu juga cenderung dingin dan terkadang diselimuti kabut putih tebal. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengenakan baju yang tebal dan hangat jika berkunjung ke sini. Jadi jangan hanya karena kamu tak tepat dalam mengenakan baju, hawa dingin di pegunungan menjadi penghambat aktivitas liburanmu di tempat ini. Selain mengenakan baju hangat, kamu bisa membuat tubuhmu lebih hangat dan fit dengan mencoba minuman bandrek hangat yang banyak tersedia di lokasi wisata tersebut.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan yakni membawa masker. Hal ini bisa membantu kamu menghindari bau belerang yang lumayan menyengat, terutama bagi kamu yang sensitif dengan bau ini. Dan buat kamu yang ingin mencari buah tangan, kamu bisa mencarinya di sekitar lokasi. Jangan lupa juga untuk selalu menawar terlebih dahulu agar kegiatan berbelanjamu lebih ekonomis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.