pesona wisata Gunung Tambora
pesona wisata Gunung Tambora
Xbank Jakarta

Meetjourney Sobat traveller sebagai pecinta wisata pastinya kalian pernah berkunjung ke Sumbawa, Nusa  Tenggara Barat. Memang wisata alam disana cukup indah sekali sobat. Selain keindahan perairannya seperti pantai yang mempesona, Sumbawa juga memiliki objek wisata yang cocok bagi kalian pecinta ketinggian. Objek wisata tersebut adalah Gunung Tambora. Pesona wisata Gunung Tambora sudah tidak perlu diragukan lagi sobat. Banyak sekali para pendaki yang menjadikan gunung ini sebagai gunung wajib untuk di daki.

Untuk itu jika kalian sedang berkunjung ke Sumbawa, tidak ada salahnya untuk berkunjung dan menikmati pesona alamnya yang luar biasa indah. Walaupun sobat akan kelelahan karena mendaki, tapi semua itu akan terbayar dengan pesona alamnya yang tampak memukau dari ketinggian puncak Tambora.

Indahnya Pesona Wisata Gunung Tambora

kawah gunung tambora
kawah gunung tambora

Sobat traveller, gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.851 meter di atas permukaan laut ini menyimpan banyak sekali keindahan lho. Bahkan gunung ini juga mendapatkan predikat sebagai gunung dengan kaldera terbesar yang ada di Indonesia. Kalian semua pasti akan terpukau dengan keindahan keajaiban kaldera yang sangat luas sekali. Apalagi sepanjang bibir kawah tersebut dihiasi dengan padang pasir yang sangat menarik.

Layaknya gunung berapi yang ada di Indonesia lainnya, pesona wisata Gunung Tambora ini juga terdapat habitai dari bunga keabadian atau bunga Edelweis lho. Bahkan sobat traveller dapat melihatnya seperti hamparan taman Edelweis. Karena bunga ini tumbuh cukup rapat yaitu antara 1,5 meter dan yang terjauh sampai 100 meter. Ada bonus tersendiri sObat bagi kalian yang mampu mencapai puncak Tambora ini. Sobat akan bisa melihat dengan jelas kawah kaldera yang luas dan juga pulau-pulau seberang yang tampak indah sekali jika dilihat dari puncak gunung.

Kekayaan Flora dan Fauna

pohon besar di Tambora
pohon besar di Tambora

Gunung Tambora memang menyimpan banyak sekali keindahan alam yang memukau. Selain itu jika sobat mau menjelajah alam sekitar, akan menemukan banyak sekali objek yang menarik.  Karena memang sekitaran gunung ini merupakan kawasan konservasi. Ada dua kawasan konservasi yang membuat pesona wisata Gunung Tambora tidak perlu diragukan, yaitu ada Tambora Utara Wildlife dengan luas mencapai 80.000 hektare dan Tambora Selatan Hunting Park dengan luas 30.000 hektare.

Dengan konservasi yang sangat luas sekali, sobat bisa menjelajah sampai kelelahan. Sobat bisa menemukan berbagai jenis flora dan fauna yang hidupa liar di dalam kawasan konservasi tersebut. Ada berbagai jenis bunga yang indah seperti Perdu Anggrek, Ixora dan masih banyak lagi.

Jalur Pendakian Yang Biasa Digunakan

Nah, bagi sobat yang ingin menaklukkan puncak Tambora ini bisa menempuh jalur-jalur yang biasa dilalui. Sobat bisa menggunakan jalur dari Desa Pancasila. Untuk mencapai lokasi desa ini, ada banyak sekali angkutan yang bisa sobat pilih. Pertama sobat naik angotan kuning menuju ke arah Dompu. Dari Terminal Dompu lalu melanjutkan perjalanan menuju ke Desa Pancasila menggunakan bus umum.Setelah sampai di desa, barulah sobat akan memulai pendakian menuju puncak Tambora.

Untuk menuju ke Pos I sobat harus mendaki dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Ada banyak sekali objek menarik yang bisa sobat lihat selama perjalanan ini. Sehingga dijamin sobat tidak akan jenuh dan terus semangat mencapai puncak. Dari Pos I lanjut ke Pos II dengan waktu tempuh sekitar satu jam sobat. Sedangkan menuju ke Pos III memerlukan waktu 3 jam. Lalu sebelum melanjutkan, biasanya para pendaki akan bermalam dan istirahat di Pos IV. Setelah istirahat, lalu menuju ke Pos V dan ke puncak kawah dengan total waktu dua jam setengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.