wisata hutan monyet ubud
wisata hutan monyet ubud
Xbank Jakarta

Meetjourney Sobat traveller mungkin kadang ada perasaan jenuh dengan wisata alam yang selalu monoton. Atau memang sobat ingin sebuah wisata yang berbeda dari biasanya. Jika sobat berkunjung ke Bali maka tidak ada salahnya singgah di wisata hutan monyet ubud yang sangat unik dan menarik. Sangat cocok sekali bagi sobat traveller yang ingin wisata unik dan berbeda dari biasanya.

Pulau Bali memang selalu saja menyimpan banyak hal-hal unik dan menarik mulai dari tempat wisata yang sangat indah sampa wisata yang unik seperti hutan monyet ini. Tapi perlu sobat ketahui, sebenarnya nama resmi kawasan wisata ini adalah Mandala Wisata Wenara Wana tapi oleh warga lebih terkenal dengan nama hutan monyet ubud.

Mengenal Lebih Dekat Wisata Hutan Monyet Ubud

lucunya monyet-monyet di Ubud Bali
lucunya monyet-monyet di Ubud Bali

Bagi sobat traveller mungkin masih sedikit asing ya dengan tempat wisata ini. Hutan monyet ini sebenarnya merupakan kawasan cagar alam yang memiliki beberapa komplek candi di dalamnya. Cagar alam ini dihuni oleh sekitar 600 an lebih kera ekor panjang yang tersebar ke seluruh kawasan cagar alam.

Uniknya lagi ternyata dari keseluruhan monyet ini, tersebar dalam lima wilayah yang berbeda-beda. Dalam satu kelompok wilayah dipimpin oleh seekor monyet sebagai pimpinannya. Sayangnya 600 an monyet yang terbagi menjadi lima kelompok tersebut ternyata tidak bisa hidup akur sobat. Mereka akan saling menyerang jika kelompok lain memasuki kawasan mereka.

Kawasan wisata ini memiliki luas sekitar 12 hektare dan memiliki jarak sekitar 30 km dari kota Denpasar sobat. Saat sobat mulai memasuki kawasan wisata ini, akan disambut oleh pemandangan hutan yang sangat rimbun dan lebat. Tentunya akan membuat suasana sekitar sangat sejuk asri dan damai sobat. Ada sekitar 115 jenis pohon yang tersebar di kawasan wisata hutan monyet ubud ini.

Lokasi Yang Suci Bagi Masyarakat Setempat

natural hutan di Ubud Bali
natural hutan di Ubud Bali

Masyarakat di Bali memang menganggap beberapa tempat sebagai kawasan yang suci seperti Alas Kedaton atau juga Puri Bukit Sari Sangeh. Hal tersebut ternyata juga berlaku untuk hutan monyet ubud ini sobat. Karena di dalam kawasan hutan ini terdapat dua pura untuk beribadah warga setempat yaitu ada Pura Dalem Agung Padangtegal dan Pura Madia Mandala.

Selain itu di dalam pura-pura tersebut ada kolam dan candi dengan tiga halaman besar di sekitarnya. Nah di area kolam dan candi inilah sering digunakan sebagai lokasi upacara ngaben atau kremasi sobat. Selain itu sebelah hutan monyet juga terdapat sebuah makam pada sebuah Candi Prajapati. Jadi harus tetap sopan ya sobat jika berkunjung kesini.

Untuk mengelola kawasan wisata hutan monyet ubud dan menjaga kesuciannya, masyarakat setempat menyerahkan hutan ini ke yayasan Wenara Wana Padangtegal. Dengan bantuan yayasan itulah kawasan hutan monyet yang suci ini berusaha dipromosikan ke para wisatawan agar dapat bermanfaat. Dengan bantuan yayasan inilah yang membuat sobat traveller semua dapat mengunjunginya.

Interaksi Langsung Dengan Monyet Liar Yang Bersahabat

selfie bersama dengan monyet-monyet
selfie bersama dengan monyet-monyet

Sobat traveller bisa mencoba untuk memberi makan monyet-monyet disini secara langsung lho. Karena di pintu awal masuk ada penjual pisang untuk makan para monyet. Tapi harus tetap waspada ya sobat agar barang-barang pribadi sobat tidak diambil oleh para monyet. Jika sudah terlanjur dicuri oleh para monyet, sobat bisa meminta bantuan kepada pemandu untuk membantu meminta kembali dari monyet-monyet.

Nah aturan penting yang harus sobat patuhi saat berkunjung wisata hutan monyet ubud ini adalah jangan memberi kacang pada monyet-monyet disini. Selain itu sangat dianjurkan untuk jangan menyimpan makanan apapun di dalam tas sobat semua dan jangan sampai monyet tahu jika ada makanan di dalam tas tersebut. Karena bisa saja sobat akan diserang dan tas sobat bakal dicuri. Aturan lainnya jangan memegang para monyet apalagi menggoda mereka karena dapat berakibat fatal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.