wisata di Taman Nasional Kelimutu
wisata di Taman Nasional Kelimutu
Xbank Jakarta

Meetjourney Sobat traveller pasti sudah tidak asing dengan wisata-wisata yang ada di Pulau Lombok. Memang pulau ini menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang wajib sobat kunjungi lho. Selain itu memang Pulau Lombok sangat gencar sekali dipromosikan lewat sosial media. Tentunya sobat bisa membantu kemajuan wisata di Indonesia dengan mencoba mengunjunginya ya. Nah salah satu lokasi wisata yang mempesona adalah wisata di Taman Nasional Kelimutu. Di dalam taman nasional ini terdapat danau yang sangat indah sobat yaitu Danau Kelimutu.

Nah, jika sobat sedang berlibura ke Pulau Lombok tepatnya di Nusa Tenggara Timur bisa singgah ya dan nikmati pesona alamnya. Selain wisata alam Danau Kelimutu, Taman Nasional ini juga memiliki banyak sekali spot-spot wisata yang menarik seperti perbukitan yang asri, aneka flora dan fauna, hutan, dan juga Gunung Kelibara.

Jelajahi Keindahan Wisata di Taman Nasional Kelimutu, Danau Kelimutu

wisata di Taman Nasional Kelimutu
wisata di Taman Nasional Kelimutu

Sobat pasti sudah mengetahui ya jika taman nasional ini memilik banyak sekali spot-spot wisata yang menarik. Nah salah satu objek yang menjadi maskot taman nasional ini adalah Danau Kelimutu. Sebenarnya danau ini merupakan salah satu objek wisata yang tergolong baru lho sobat. Karena lokasi wisata ini baru ditemukan sekitar tahun 1915 oleh komandan militer Belanda B. van Suchtelen. Kepopuleran danau ini semakin naik saat Y. Bouman menceritakan keindahannya pada tahun 1929 dan menarik perhatian para wisatawan.

Bagaimana tidak menarik perhatian para wisatawan sobat, ada keunikan yang dimiliki oleh danau ini yaitu memiliki tiga warnayang berbeda-beda. Danau Kelimutu memiliki warna biru muda, hijau tosca dan juga merah. Nama keli yang berarti gunung dan mutu artinya mendidih berasal dari sejarah danau ini sebagai salah satu sumber erupsi phreatic dimasa lalu. Dan lokasi danau ini berada di puncak Gunung Kelimutu sobat dengan ketinggian 1631 mdpl.

Jika sobat berkunjung pasti akan sangat terpukau dengan keindahannya. Warna dari danau ini bisa berubah-ubah sesuai dengan tingkat kandungan material di dalamnya sobat. Ada tiga danau yaitu Ata Polo, Ata Mbupu dan Tiwu Nuwa. Nah Ata Polo pernah berubah warna dari hijau tosca menjadi merah hati sobat. Ata Mbupu juga pernah berubah dari cokelat tua menjadi warna hijau kecoklatan. Nuwa Muri dari warna hijau muda menjadi biru seperti telur asin.

Rumah Bagi Flora dan Fauna Langka

Fauna yang ada di Kelimutu
Fauna yang ada di Kelimutu

Pesona wisata di Taman Nasional Kelimutu bukan hanya danau saja sobat. Disini sobat bisa menemukan berbagai macam flora dan fauna yang tergolong cukup langka. Status lokasi sebagai Taman Nasional membuat berbagai flora dan fauna disini dilindungi agar tetap lestari. Ada sebuah lokasi bernama Arboretum dengan luas 4,5 hektare yang menjadi tempat koleksi flora dan fauna.

Hampir sekitar 100 spesies yang terjaga di dalam taman nasional ini. Ada juga flora endemik yang hanya ada di Kelimutu yaitu Uta Onga dan Turuwara. Selain flora ada juga beberapa fauna yang endemik di Kelimutu yaitu burung Gerugiwa yang sangat memukau dengan kicauannya. Tapi burung ini jarang sekali terlihat sobat. Dengan berkunjung wisata di Taman Nasional Kelimutu ini selain mendapatkan pesona alam, tentunya sobat juga mendapatkan pengalaman edukasi tentang flora dan fauna.

Transportasi Menuju Taman Nasional Kelimutu

Untuk mencapai lokasi keindahan alam di Taman Nasional ini, sobat bisa menempuh jalur udara yang lebih simpel. Sobat bisa naik pesawat tujuan Ngurah Rai Bali dan selanjutnya Ngurah Rai tujuan Labuan Bajo. Setelah itu menggunakan ojek tujuan Moni dan kemudian tujuan gerbang Taman Nasional. Atau bisa dari Labuan Bajo dengan bus jurusan Maumere dan turun di Moni. Setelah itu bisa menggunakan ojek atau jalan kaki menuju gerbang Taman Nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.